Wednesday, January 17, 2018

The Full Time Wife Escapist (Review) - kawin kontrak yang seru dan lucu

Kawin kontrak bisa diartikan sebagai sebuah pernikahan tertulis yang didasarkan atas sebuah perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak. Mengikat tentu diartikan dalam bentuk surat resmi dan memiliki tenggang / batas waktu yang sudah ditentukan, harta yang akan didapatkan (jika terjadi sesuatu hal) dan beberapa hal lain yang tentunya diatur serta disetujui oleh suami dan istri.
Sebagai sebuah hal yang tidak lazim di dunia nyata, banyak para penggiat dunia seni memparodikannya baik itu dalam media lagu ataupun diimplementasikan dalam bentuk sebuah film (entah itu berdasarkan kisah nyata ataupun fiksi).
Ada banyak film / serial di luar sana yang menceritakan tentang sebuah kisah tentang kawin kontrak. Umumnya bercerita tentang kedua insan manusia (berbeda genre tentunya.. wkwk) yang tidak saling mencintai satu sama lain tapi terikat dengan sebuah perjanjian kontrak dalam satu pernikahan. Sebagian besar diatur dalam nafas komedi yang tentunya akan membuat para pemirsa terhibur dan memaknai arti yang 'berbeda' dari sebuah kawin kontrak.

Di awal January 2018, Waku-Waku Japan berkesempatan menayangkan sebuah serial drama yang berkisah tentang kawin kontrak. Untuk versi English diberi judul 'The Full Time Wife Escapist' atau 'We Married as Job', di Jepang sendiri dikenal dengan nama 'Nigeru wa hajidaga yakunitatsu'. Drama ini based on serial manga populer di tahun 2012 dan dipublish oleh Japanese Magazine Kiss.



Kisahnya berawal dari seorang perempuan sarjana Mikuri Moriyama, wanita berusia 25 tahun (diperankan oleh Gakki / Yui Aragaki) yang kesulitan mencari sebuah pekerjaan tetap. Beberapa problem di pekerjaan sebelumnya membuat Mikuri agak segan untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan passionnya. Kemudian ayah Mikuri mencoba menawarkan sebuah pekerjaan untuk menjadi pengurus rumah tangga / pembantu untuk seorang bujang 35 tahun bernama Hiramasa Tsuzaki (diperankan oleh Gen Hoshino) di sebuah apartment. Kegiatannya hanyalah bersih-bersih, memasak, mencuci bahkan memberi makan dua burung cilik yang hinggap di balkon belakang.

Hiramasa dan Mikuri

Seiring berjalannya waktu, keluarga Mikuri akan pindah keluar kota, sedangkan Mikuri sendiri merasa khawatir dengan pekerjaannya jika pindah ke kota yang lebih kecil dan terpencil. Terdesak karena masalah itu, akhirnya Mikuri dan Hiramasa bersepakat untuk menjalani perkawinan dalam bentuk kawin kontrak. Tentu hal ini (pura-pura) membuat kaget kedua keluarga mereka dan mengira bahwa semuanya terjadi karena cinta. Perkawinan yang dilakukan hanyalah makan bersama kedua keluarga tanpa mengundang kerabat.

Hiramasa adalah seorang 'Jomblo Profesional' 😏  yang bekerja sebagai sebuah staff IT di kantor yang bonafid (ada jam dinding digital nok..) serta selalu akrab dengan ketiga sahabatnya (Hino, Kazami dan Numata). Awalnya 3 sahabat tersebut merasa curiga dengan perubahan mendadak dari Hiramasa yang memutuskan kawin secara cepat akan tetapi lambat laun mereka menyadari bahwa semuanya hanya kawin kontrak. Mungkin hanya Hino saja yang tidak menyadari dari awal sampai akhir episode 😅

Hiramasa dan Hino yang anaknya selalu demam pas weekend 😅


Banyak permasalahan yang terjadi dalam mengarungi kawin kontrak ini. Mulai dari usaha Hiramasa dan Mikuri untuk menutupi aib mereka dari si Bibi muda bernama Yuri ( Yuriko Ishida) serta dari si cerdik Numata, Kazami yang merasa tertarik dengan Mikuri hingga mulai tumbuhnya benih cinta antara Hiramasa dan Mikuri yang memungkinkan bisa melanggar kontrak. Apakah Hiramasa dan Mikuri bisa melewati semua ini dengan happy ending? atau harus berpisah?

11 episode yang ditawarkan oleh TBS sangatlah menarik untuk disimak. Setiap adegan memiliki nuansa segar dan enak dipandang, baik itu dari wajah manis Yui Aragaki, gantengnya para staff dari Yuri bernama Umehara (diperankan oleh Ryo Narita) atau si Kazami (diperankan oleh Ryohei Otani), hingga  pemilihan nuansa perabotan di apartement Hiramasa yang adem di mata.

Lucu adalah hal wajib di serial ini, yang berkesan tentu ketika adegan Mikuri menghayal suatu kejadian (ketika galau atau senang). Khayalan yang ditampilkan sangatlah segar dengan adegan terpisah yang unik (ketika galau, maka adegan khayalan berupa mengikuti sebuah kuis di TV !!😄). Selain itu setiap adegan yang menampilkan Numata sangatlah kocak, seperti saat kecurigaanya terhadap perkawinan Hiramasa ataupun ketika menguping pembicaraan sahabatnya di kantor 😛. Arata Furuta yang memerankan Numata sangatlah pas dengan karakter ini.

Seru adalah hal wajib kedua ketika menyaksikan drama ini. Setiap episode yang ditampilkan mengundang penasaran, entah hal apa yang akan terjadi dengan perjalanan kawin kontrak, apakah berjalan dengan baik atau membuat buruk bagi kedua pihak. Keseruan dan kekompakkan kedua aktor utama sangatlah berpadu dan sepadan dengan komposisi pemain lainnya. Disini terlihat Yui (Mikuri) begitu menonjol dalam perannya di kehidupan rumah tangga dibanding sang suami.

Selain keseruan dan kelucuan setiap adegan, Serial ini juga menampilkan sebuah dance / tarian yang cukup populer di akhir tahun 2016 sampai pertengahan 2017 (kayaknya). Tarian itu bernama Koi Dance. Sangat populer dikarenakan juga merupakan bagian dari lagu yang dibawakan oleh Gen Hoshino sendiri berjudul sama 'Koi'. Yang lebih special lagi adalah seluruh pemeran ikut aktif dalam membawakan tarian ini di setiap akhir episode. Gerakannya lucu, unik dan pas mengikuti irama lagunya. Kita bahkan bisa melihat beberapa versi (cover) video ini di saluran Youtube. Salut dengan pencipta koreo ini.

Koi Dance, dipimpin oleh Yui

Oya, tambahan informasi nie, buat kalian-kalian yang penasaran sama Yui, ini ada sedikit gambaran saja.
Yui Aragaki dikenal sebagai model Gravure di tahun 2004. Gravure sendiri adalah model-model pakaian bikini / sexy yang semua fotonya diterbitkan dalam bentuk photobook dan dijual. Selain model, dia juga dikenal sebagai seorang penyanyi lho. Nama panggungnya yang terkenal adalah Gakki. Albumnya berjudul Sora keluar di tahun 2007. Seiyuu (atau Voice Actress) adalah pekerjaan lainnya dari Gakki dan sempat mengisi suara di anime Digimon Savers.
Di serial ini, menurutku dia sangatlah cocok dan kawai dengan tampilan rambut pendek, jika dibandingkan ketika berperan di serial drama lainnya Code Blue dimana Gakki masih dengan rambut panjang.

senyummu membuat diabetes 
Untuk Gen Hoshino, saya gak akan bahas yaaa 😛


Overall, this dorama sangatlah recomended buat kalian-kalian yang kangen dengan wajah Gakki (selain di serial Code Blue). Adegan yang seru, segar dan lucu dengan bumbu kawin kontrak memang cocok menghibur kita semua di kala penat. Apalagi ditambah gerakan unik di Koi Dance menambah semarak dan membuat kita tergerak untuk mencobanya.
Tak salah, jika drama ini meraih beberapa penghargaan, seperti di Tokyo Drama 2017 dimana meraih 5 piala sekaligus termasuk didalamnya adalah drama terbaik dan aktor/aktris terbaik (Gen Hoshino/Yui Aragaki).
So, jangan ragu deh buat nonton ini. Kalian bisa streaming di situs-situs yang tersebar di dunia Google atau bisa juga download ke teman kalian 😜





Note : semua gambar diambil dari beberapa sumber di Google.



No comments:

Post a Comment

Daily Blog : short journey in Taipei

Taiwan.. Pertama kali yang terdengar ketika mendengar kata sebuah negara 'Taiwan' adalah sebuah grup idol ternama F4 dan Meteor G...