Thursday, January 18, 2018

Nintendo Labo - Inovasi baru penggoda tabungan

Kreatif dan Inovatif adalah tagline wajib dari Nintendo dalam meraih para gamers untuk segera menambah jajaran gadgetnya atau malah beralih sepenuhnya dari console lain.
Nintendo Switch menjadi senjata awal dalam persaingan ini. Kombinasinya dengan Zelda : Breath of Wild membuat console ini menjadi makanan empuk buat para penikmat gadget game di awal tahun 2017. Pertumbuhan dan penjualan yang cepat membuat semakin banyak para developer untuk segera membuat beberapa game di genre Switch. Bahkan di akhir Fiscal Year 2016 (akhir Maret 2017), Switch berhasil menjual sekitar 2,7 juta unit di seluruh dunia. Selain developer game, dukungan dari pihak ketiga / third party (di bagian asesoris) juga meningkat. Tak pelak, hingga saat ini konsol terbaru ini masih menjadi incaran para gamers baru yang tentunya ingin mencicipi game ala Mario, Xenoblades ataupun Zelda. 

Kesuksesan Switch membuat Nintendo segera bergerak cepat dalam mengembangkan karirnya di dunia game. 17 January 2018 adalah momen yang tepat untuk memperkenalkan sebuah 'mainan' pendukung baru buat Switch. Yap, namanya adalah Nintendo Labo.


Make, Play, Discover adalah motto utama dari Nintendo Labo ini. 

Make : Berkreasi dengan cardboard dan bentuk sesuai instruksi yang ada
Play : Bermain dengan Nintendo Switch, pasangkan switch sesuai dengan petunjuk yang ada
Discover : Eksplore cara kerjanya dan mainkan sesuai dengan kreasimu

Konsep cardboard alias kardus coba untuk dikembangkan dan di implementasikan oleh Nintendo. Berdasarkan video yang beredar, di awal kita akan disuguhkan 'blueprint' alias template kardus dalam penampakan pertama, kemudian kita akan mencopot beberapa bagian dan crafting sesuai petunjuk yang ada. Terdapat beberapa bentuk yang ditawarkan oleh Nintendo, seperti alat pancing, piano, stang motor bahkan ada yang di panggul seperti tas dan di kepala seolah-olah bermain fighting.  Semuanya tentu harus dikreasikan dengan Nintendo Switch dan game yang sesuai dengan bentuk yang dipakai.
berkreasi dengan game robot


Ide yang ditampilkan oleh Nintendo ini sangatlah unik dan keren. Bagaimana tidak, para pengguna Switch semakin dimanjakan dengan metode baru dalam memainkan sebuah game tertentu. Misalnya ketika kita mencoba game memancing, maka kita bisa menggunakan media cardboard yang memungkinkan para player merasakan feel yang sama ketika memancing (yaitu memegang alat pancing). 

konsep unik dari Labo


Selain memasangkan Switch ke cardboard yang sudah dibentuk, kita juga bisa menambahkan beberapa sticker atau mewarnai beberapa bagian cardboard sehingga membuat komponen tersebut enak di lihat.
Nintendo sepertinya lebih menyasar ke kalangan anak-anak usia 6-12 tahun dalam memasarkan Labo di awal. Hal ini dikarenakan supaya gamer-gamer cilik lebih mudah diajak berkreasi / crafting terlebih dahulu sebelum menikmati permainan sesungguhnya dari Labo. 
Dari sisi kelamahan, mungkin bisa dibilang cardboard ini adalah sebuah media yang sedikit rapuh. Apalagi beberapa game yang ditampilkan di demo sendiri sangat memungkinkan pergerakan yang cukup masif terhadap cardboardnya (seperti gerakan memancing, pencet tuts piano bahkan gerakan mengarahkan stang motor). Note : analisis ini belum teruji hingga kita benar-benar merasakan sesungguhnya.

Peluncuran Nintendo Labo sendiri direncanakan tanggal 20 April 2018. Beberapa online store game mungkin ada yang menawarkan system pre-order. Untuk harga, berdasarkan informasi di website resmi, Nintendo mematok mulai dari USD 69,99 untuk versi Variety Kit dan 79.99 untuk type Robo Kit. Harga tersebut tentu saja berlaku di US (sepertinya) dan sudah pasti akan naik drastis jika dibawa ke region Indonesia 😪. Variety mungkin ada beberapa template yang bervariasi dan Robo hanya untuk Robot saja. 

So, tertarik untuk pre-order? atau malah tunggu hingga harga turun?





PS : Semua gambar adalah milik Nintendo Uk dan beberapa web lainnya. 

No comments:

Post a Comment

Daily Blog : short journey in Taipei

Taiwan.. Pertama kali yang terdengar ketika mendengar kata sebuah negara 'Taiwan' adalah sebuah grup idol ternama F4 dan Meteor G...