Monday, January 1, 2018

Uncharted - The Lost Legacy (review) : Singkat, Padat, Seru

Uncharted : warisan terakhir

Pembahasan short review game ini mungkin bisa dibilang lumayan "basi" buat kalian2 yang sudah memainkannya dari tahun lalu. Tapi informasi ini  bisa ditujukan buat para gamers yang belum sempat mencicipi salah satu 'masterpiece' dari Naughty Dog 😏😏


Sebagai salah satu seri terbaru dari 'fourlogy' (alahh kalimat apaan nie..wkwkw) Uncharted, kali ini Naughty Dog mencoba untuk meramu kekuatan dua wanita jagoan dari serial ini, yup mereka adalah Chloe Frazer and Nadine Ross.
Kisahnya sendiri mengambil sebuah cerita kuno dari India, dimana terdapat sebuah peradaban besar bernama Hoysala Empire yang ternyata menyimpan sebuah Tusk / Gading dari Dewa Ganesha. Gading tersebut konon menurut cerita kembali didapat melalui sebuah pertempuran antara Parashurama dan Ganesha. Nadine bekerja sama dengan Chloe untuk mencari gading yang hilang.

FYI, ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa Parashurama berniat menemui Shiva, akan tetapi jalannya dihadang oleh Ganesha. Parashurama melemparkan kapaknya ke arah Ganesha, seketika Ganesha tahu bahwa kapak tersebut adalah pemberian Shiva (ayahnya) maka dia membiarkan salah satu taringnya patah terkena kapak tersebut. Nah gading inilah yang ternyata dicari juga oleh kawanan pemberontak Asav.

pertarungan Parashurama dan Ganesha yang melegenda


Tusk of Ganesh

Perebutan Gading juga diramaikan oleh salah satu tokoh Uncharted 4 yang cukup familiar which is Samuel Drake. Peran dari Samuel bisa kalian lihat di akhir2 game ini, apakah dia berada di bagian kolonel Asav atau malah merupakan partner dari kedua wanita tangguh tersebut.


Seperti biasa, untuk urusan graphis, action, detail visual, pergerakan NPC menjadi makanan empuk dan renyah dari team Naughty Dog. Seakan2 kita dibawa kembali berpetualang seperti di game sebelumnya (Uncharted 4). Yang menarik tentu adalah keberanian mengangkat sebuah kisah peradaban Hindu (pertarungan Ganesha dan Parashurama) untuk dijadikan timeline dari game besar ini. Saya sebagai orang Hindu sangatlah BANGGA cerita ini diangkat ke sebuah game. Thanks Naughty Dog team 👍👌
Selama permainan, kita tentu dibuat tergelitik untuk 'istirahat sejenak' menikmati semua panorama India. Sekali lagi, keseriusan Naughty Dog dalam meramu visual di seri ini sangatlah diacungi sepuluh jempol 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍
Chloe di sebuah moment 
Gak hanya disuguhkan action, detail graphis dan keindahan pemandangan India, kita juga diajak sedikit bermain puzzle ala2 Uncharted, meski porsinya tidak sebanyak dengan seri sebelumnya. Untuk yang terbiasa dengan situasi ini, mungkin bisa dibilang akan lebih cepat menyelesaikannya.

salah satu puzzle mencocokkan gambar
dari sisi kelemahan, bisa dibilang game ini terbilang singkat. Rata2 player bisa menamatkan kurang lebih 6 -7 jam (termasuk si penulis). Bisa dibilang, Naughty Dog sengaja tidak terlalu memforsir semua tenaga di Lost Legacy dan lebih memilih untuk mensupport ke seri The Last of Us II yang rencana rilisnya masih belum ada konfirmasi. Selain itu juga semua unsur elemen Uncharted 4 terlihat sama di seri ini. 
So, apakah Lost Legacy wajib dimainkan? apakah tidak basi jika dibeli sekarang? 
Jawabannya adalah....
Samuel : gak usah banyak bacot, beli game ini (sambil ngerokok)

PS : semua gambar bersumber dari screenshot game PS4 yang sudah dimainkan. PS4 nya slim bukan pro 😅. Kenapa gak pro? karena belum ada duit 😀. Kanggoin yang ada.


No comments:

Post a Comment

Daily Blog : short journey in Taipei

Taiwan.. Pertama kali yang terdengar ketika mendengar kata sebuah negara 'Taiwan' adalah sebuah grup idol ternama F4 dan Meteor G...