Friday, January 26, 2018

Game of The Year 2017 (PlayStation.Blog) - Musimnya Horizon Zero Dawn

Setiap akhir tahun, Playstation.Blog mengeluarkan sebuah voting untuk para penikmat blognya khususnya untuk individu yang menamakan diri sebagai seorang 'playstation gamer'. Voting yang dilakukan cukup simple, ada beberapa kategori yang berkaitan dengan game dan para gamer bisa memilih sesuai dengan pilihannya, seperti diantaranya untuk kategori 'Best PS4 Game', 'Best Independence Game', 'Best PS Vita Game', 'Best Multiplayer Game' dan masih banyak lagi. 
Selain untuk game, ada juga voting untuk kategori para 'pemain nyata' yang memang berperan sebagai karakter dalam game tersebut. Namanya adalah 'Best Peformance'.  
Ada voting dari pemirsa gamer ada juga pilihan berdasarkan beberapa editor dari Sony Interactive Entertainment America' atau bisa disingkat SIEA. 


Oya, sebelum lanjut, playstation blog ini sendiri dikelola oleh SIEA sebagai bagian dari Playstation team dari US. Blog/Websitenya sangatlah menarik untuk dikunjungi dimana kita bisa mendapatkan  informasi game terbaru, review, video trailer game dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan Playstation. 


Nah di ajang 2017 ini, ada sekitar 18 kategori yang bisa kita vote, setiap kategori terdapat 4 pemenang yang masing-masing diurut berdasarkan nama 'Trophy' ketika kita bermain Playstation. Platinum, Gold, Silver dan Bronze adalah urutan  dari peringkat 1 hingga 4. Menurut informasi dari SIEA sendiri, di tahun ini ada sekitar 1.6 juta votes yang sudah beredar di 18 kategori dengan 150K diantaranya memilih di kategori 'Best PS4 Games'. 


Guerilla Games patut bersuka cita di ajang 'online' ini. Salah satu game terbaiknya 'Horizon Zero Dawn' (HZD) berhasil merebut 9 Platinum Trophy, khususnya di beberapa kategori 'crucial' di kalangan Playstation 4. Seperti 'Best PS4' Game dimana berhasil menyingkirkan Call of Duty WWII, Assassin Creed Origins, kemudian 'Best Art Direction', 'Best Soundtrack',  atau 'Best Story' yang berhasil mengalahkan Uncharted Lost Legacy, serta 'Studio of The Year'. 

Jeng Aloy


Di sisi 'Best Peformance', Horizon juga berjaya dengan Platinum yang mengantarkan Ashly Burch (Aloy)sebagai pemenang. Menyingkirkan nama beken seperti Laura Bailey (Nadine/Uncharted Lost Legacy), Melina Juergens (Senua/Hellblade) dan Claudia Black (Chloe/Uncharted Lost Legacy). Voice act dari Ashly benar-benar menyatu dengan karakter Aloy dan sangat pas. 

Ashly Burch

Kesuksesan HZD sejatinya sudah diduga oleh beberapa voters dan mungkin dari beberapa editor yang sempat mereview dan memberikan ulasan-ulasan game selama tahun 2017. Banyak elemen dari game ini sangat menggugah para gamers untuk mencicipi dan mengeksplore keindahan salah satu game 'open world' terbaik ini. Entah itu dari sisi gameplay, sistem crafting, action, voice actor, graphic bahkan musicnya sudah menjelma menjadi yang terbaik di mata sebagian gamers. Apalagi, di akhir tahun kemarin, Guerilla meluncurkan DLC terbarunya yang berjudul Frozen Wilds dimana kita bisa menjelajah dunia es yang terbentang di wilayah utara. Dengan waktu main sekitar 15 jam, gamers semakin dimanjakan dengan beberapa machine terbaru, misi baru dan senjata baru sehingga membuat komplit isi game HZD ini. 

Untuk kategori lain, beberapa game ternama berhasil memperoleh Platinum berkat kontribusi dari para voter. Seperti misalnya FIFA 18 sebagai 'Best Sports Game', Call of Duty WW II di bagian 'Best Multiplayer',  God of War di pandang sebagai yang terbaik untuk kategori 'Most Anticipated PS4 Title' atau Resident Evil VII yang terseru di kategori 'Best PS VR Experience' 

Ada satu kategori yang menurut penulis adalah kategori yang mungkin bisa dibilang 'antara ada dan tiada'. Yup, itu adalah kategori' Best PS Vita Game'. Di kategori ini, penulis malah kurang paham / tidak tahu dengan nama game yang tertera, seperti Undertale, Ys Origin, Danganroppa. Mungkin para wibu / gamers penyuka game Jepang yang paham 😀
Semenjak kesuksesan Playstation 4 sebagai konsol yang paling banyak diminati serta makin berkembangnya dunia 'Mobile Game', maka portable PS Vita menjadi 'anak tiri' dari Sony. Tak banyak game-game ternama dari beberapa developer kuat yang sudi untuk mampir di PS Vita. Padahal sebenarnya konsol ini layak untuk bersaing dengan pangsa pasar 'portable game' yang juga menjamur di kalangan umum. Mungkin bisa kita lihat bagaimana inovasi Nintendo Switch yang ternyata berhasil memukau para gamer baru dan lama untuk menambah jajaran gadget gaming nya. 

PS Vita, riwayatmu kini

Yosh, 2017 telah usai dan 2018 sudah berjalan. Semoga di tahun Anjing Tanah ini banyak game-game berkualitas dari Playsation yang semakin memanjakan dan menguras dompet para gamers 😅




PS : semua gambar disadur dari Google


No comments:

Post a Comment

Daily Blog : short journey in Taipei

Taiwan.. Pertama kali yang terdengar ketika mendengar kata sebuah negara 'Taiwan' adalah sebuah grup idol ternama F4 dan Meteor G...